Subscribe:

Senin, 23 Desember 2013

Seven Segment Microkontroler

MAKALAH MIKROPROSESOR
Seven Segmen Pada mikrokontroler AT89Sxx



Di Susun oleh :
Nama   : Diah Hanggraeni
NIM    : 11.11.2339
Kelas   : TI 2011 A
 Teknik Informatika
STMIK AMIKOM PURWOKERTO
2013
BAB 1
PENDAHULUAN

A.                 Latar Belakang
Saat ini, teknologi semakin berkembang dengan sangat cepat dan semakin canggih. Perkembangan teknologi ini pastinya sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi komputer. Dimana teknologi komputer merupakan pendukung bahkan penggerak kemajuan teknologi informasi pada jaman sekarang ini. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa ilmu elektronika sangat berpengaruh kepada perkembangan Teknologi.
B.                     Rumusan Masalah
       1.      Mengetahui tentang Mikroprosesor
       2.      Mengetahui tentang mikrokontroler
       3.      Mengetahui tentang seven segment
       4.      Memahami Seven Segmen Pada mikrokontroler AT89Sxx
C.                     Tujuan
Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas Mikroprosesor serta untuk memberikan informasi tentang seven segment.




BAB 2
PEMBAHASAN

1.     Pengertian Mikroprosesor
Mikroprosesor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Mikroprosesor merupakan hasil dari pertumbuhan semikonduktor. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
Pertama kali Mikroprosesor dikenalkan pada tahun 1971 oleh Intel Corp, yaitu Mikroprosesor Intel 4004 yang mempunyai arsitektur 4 bit. Dengan penambahan beberapa peripheral (memori, piranti I/O, dsb) Mikroprosesor 4004 di ubah menjadi komputer kecil oleh intel. Mikroprosesor terus dikembangkan sampai saat ini sesuai perkembangan zaman.

2.      Pengertian Mikrokontroler
Mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus. Sederhananya, cara kerja mikrokontroler sebenarnya hanya membaca dan menulis data. Sekedar contoh, bayangkan diri Anda saat mulai belajar membaca dan menulis, ketika Anda sudah bisa melakukan hal itu Anda mulai bisa membaca tulisan apapun baik itu tulisan buku, cerpen, artikel dan sebagainya, dan Andapun mulai bisa menulis hal-hal sebaliknya. Begitu pula jika Anda sudah mahir membaca dan menulis data pada mikrokontroler maka Anda dapat membuat program untuk membuat suatu sistem pengaturan menggunakan mikrokontroler sesuai dengan keinginan Anda. Mikrokontroler merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik, yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya. Secara harfiahnya bisa disebut "pengendali kecil" dimana sebuah sistem elektronik yang sebelumnya banyak memerlukan komponen-komponen pendukung seperti IC TTL dan CMOS dapat direduksi/diperkecil dan akhirnya terpusat serta dikendalikan oleh mikrokontroler ini. Dengan penggunaan mikrokontroler ini maka :
-          Sistem elektronik akan menjadi lebih ringkas
-     Rancang bangun sistem elektronik akan lebih cepat karena sebagian besar dari sistem adalah perangkat lunak yang mudah dimodifikasi
-          Pencarian gangguan lebih mudah ditelusuri karena sistemnya yang kompak
Namun demikian tidak sepenuhnya mikrokontroler bisa mereduksi komponen IC TTL dan CMOS yang seringkali masih diperlukan untuk aplikasi kecepatan tinggi atau sekedar menambah jumlah saluran masukan dan keluaran (I/O). Dengan kata lain, mikrokontroler adalah versi mini atau mikro dari sebuah komputer karena mikrokontroler sudah mengandung beberapa periferal yang langsung bisa dimanfaatkan, misalnya port paralel, port serial, komparator, konversi digital ke analog (DAC), konversi analog ke digital dan sebagainya hanya menggunakan sistem minimum yang tidak rumit atau kompleks.
3.      Pengertian Seven Segment
Seven segment adalah suatu segmen-segmen yang digunakan untuk menampilkan angka. Seven segment merupakan display visual yang umum digunakan dalam dunia digital. Seven segment sering dijumpai pada jam digital. Penggunaan secara umum adlaj untuk menampilkan informasi secra visual mengenai data-data yang sedang diolah oleh suatu rangkaian digital.
Seven segment ini tersusun atas 7 batang LED yang disusun membentuk angka 8 yang penyusunannya menggunakan diberikan tabel dari ‘a’ sampai ‘g’ dan satu lagi untuk dot point (DP). Setiap segmen ini terdiri dari 1 atau 2 Light Emitting Diode (LED). Salah satu terminal LED dihubungkan menjadi satu sebagai kaki common.

Ada dua jenis seven segmen yaitu : Common Katoda dan Common Anoda. Common Katoda adalah seven segmen yang setiap katoda LED-nya disambung bersama sehingga hanya yang keluar hanya satu pin saja yang keluar yang diberi nama Common.  Data untuk seven segmen common katoda dimasukkan pada setiap anoda LED. Begitu juga untuk Common Anoda,  semua anoda LED-nya disambungkan bersama, sehingga data akan dimasukan pada masing-masing kotoda.


Skema common katoda 


Skema common anoda





Rangkaian Satu Seven Segmen Pada Port 0 mikrokontroler AT89Sxx


Rangkaian TIGA Seven Segmen Pada Port 0 mikrokontroler AT89Sxx

       Komposisi Data  Satu Seven Segmen Common Katoda
TAMPILAN ANKGA   
KOMPOSISI DATA(h,g,f,e,d,c,b,a)
DATA (HEXA)
0
1100 0000
C0
1
1111 1001
F9
2
1010 0100
A4
3
1011 0000
B0
4
1001 1001
99
5
1001 0010
92
6
1000 0010
82
7
1111 1000
F8
8
1000 0000
80
9
1001 0000
90

Untuk memprogram tampilan sebuah angka pada seven segmen dilakukan dengan mengirimkan data yang sudah disusun tadi melalui port, seperti potongan program berikut :

mov  A,#00111111b                    ; isi Reg A dengan C0H (angka 0)
mov  P0,A                                    ; Kirim data dari A  ke |P0

Menampilkan angka sacara berurut dilakukan dengan cara mengirimkan komposisi data melaluim port sepaket demi sepaket dan yang diselingi dengan delay. Artinya setelah sebuah angka tampil harus ditahan dulu sebentar baru dikirimkan data beriktunya. Jika ingin menampilkan angka secara berurut turun  maka dapat dilakukan dengan mengirimkan data mulai dari komposisi data angka 9 menuju ke angka 0. Persoalan berikutnya adalah menampilkan angka lebih dari satu. Sebenarnya angka yang ditampikan tetap satu demi satu juga, tetapi ditampilkan secara bergantian dengan kecepatan 50 kali setiap detik. Yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa tampilan bukan sekedar hanya bergantian tetapi yang lebih penting lagi adalah posisi tampilan angka tersebuat harus sesuai dengan bobotnya, apakah angka itu satuan, puluhan atau ratusan.
 Untuk memprogram tampilan  tiga buah seven segmen seperti rangkain 3. dimana ketiga pin common tidak digabung lagi tetapi masing-masing common disambungkan ke pin P2.0, P21 dan P2.2. Tujuannya adalah agar masing-masing seven segmen dapat dinyalakan sendiri-sendiri. Data untuk kedua seven segmen dimasukkan pada saluran yang sama. Dengan demikian kedua port  P0 dan P2 harus diprogram secara bersama. Agar angka satuan tampil pada seven segmen satuan maka common seven segmen satuan harus diberi logika 1 sedangkan common yang lain harus berlogika 0. Begitu juga untuk menampilkan angka puluhan maka  common seven segmen puluhan yang diberi logika 1 sedangkan common yang satuan diberi logika 0. Kemudian yang amat penting adalah bahwa angka satuan dan puluhan dan ratusan ditampilkan dengan cara brganti dengan frekuensi lebih besar dari batas penglihatan manusia ( >25 kali / detik).
Berikut potongan program tampilan dua angka pada seven segmen common anoda :  

Ulang:    mov    A,#0A4H                    ; isi Reg. A dengan A4H (angka 2)
                 mov  P0,A                            ; isi kirim data dari A ke port P0
      
                 mov P2,#00000001b            ; NYALAKAN ANGKA SATUAN
                 call delay                              ; panggil waktu tunda
                
                 mov    A,#0F8H                   ; isi Reg. A dengan F8H (angka 7)
                 mov  P0,A                            ; isi kirim data dari A ke port P0
                 mov P2,#00000010b            ; NYALAKAN ANGKA PULUHAN
                 call delay                              ; panggil waktu tunda

                 mov    A,#92H                     ; isi Reg. A dengan 92H (angka 5)
                 mov  P0,A                            ; isi kirim data dari A ke port P0
                 mov P2,#00000100b            ; NYALAKAN ANGKA RATUSAN
                 call delay                              ; panggil waktu tunda
                 jmp ulang                            ; tampilkan berulang-ulang

BAB 3
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Mikroprosesor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus. Seven segment adalah suatu segmen-segmen yang digunakan untuk menampilkan angka.
B.     Saran
Untuk memprogram tampilan sebuah angka pada seven segmen dilakukan dengan mengirimkan data yang sudah disusun melalui port dan harus memahami tentang common katoda dan common anoda. 

C.     Daftar Pustaka


2 komentar:

Fera Har-q mengatakan...

TUGAS MASIH BELUM LENGKAP, DIPERBAIKI... LINK SAYA DI guru.technosains.com dan arifjt.blogspot.com juga LINK temen-teman sekelas KOK BELUM ADA termasuk SUMBER/DAFTAR PUSTAKA

Unknown mengatakan...

Tugas sudah saya perbaiki, link dan daftar pustaka juga sudah saya tambahkan

Posting Komentar